Jalan Putri Cempo Gresik Terputus Total Akibat Longsor 

Jalan Putri Cempo Gresik Terputus Total Akibat Longsor 
Peristiwa Daerah
Kondisi jalan Putri Cempo yang terputus akibat longsor

GRESIK - Jalan rusak di kawasan Putri Cempo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur, semakin parah. Longsor hingga akses jalur terputus total. Tak ayal, penanganan dipastikan akan semakin sulit.

Pantauan di lapangan, paving bekas jalan sudah tidak terlihat sama sekali. Jalan turunan pertama yang dulunya diberi pagar pembatas sudah tidak ada.

Tidak hanya itu, pinggir makam Patih Sunan Giri terlihat longsor terparah. Seperti dikepras sepanjang 20 meter lebih. Warung di sekitar lokasi juga terdampak hingga miring.

Meski demikian, masih terlihat sejumlah peziarah yang datang ke makam Putri Cempo. Mereka memilih berjalan kaki dengan jalur alternatif. 

"Sudah sebulan lebih longsor ini terjadi. Kalau yang akses makam baru pekan kemarin. Setelah hujan lebat longsor semakin meluas," ujar Saifudin warga setempat, Minggu (31/5/2020).

Saifudin telah membuat akses jalan alternatif untuk warga bisa ke makam itu. "Kalau jalan yang atas tambah longsor," imbuhnya.

Diketahui, sejatinya peningkatan jalan Putri Cempo itu sudah dianggarkan sejak 2019 lalu. Namun, belum ada pengerjaan sama sekali.

Tahun ini Pemkab Gresik kembali menganggarkan pembangunan jalan Rp 2,8 miliar dan pembangunan tebing Rp 5 milir dipangkas untuk Covid-19 menjadi Rp 2 miliar.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi menyampaikan, kondisi sekarang dengan anggaran yang ada tidak akan cukup. Sebab, kondisi longsor sudah sangat parah.

"Harusnya tidak perlu nunggu lelang lansung dikerjakan saja. Karena ini sangat urgen. Kalau tidak segera sangat membahayakan warga dan situs budaya disitu," kata politisi PKB tersebut.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar