Lapas Kelas II A Pamekasan Razia Kamar Narapidana, Ini Temuannya

Lapas Kelas II A Pamekasan Razia Kamar Narapidana, Ini Temuannya
Peristiwa Daerah
Salah seorang petugas yang nampak melakukan penggeledahan dan memeriksa kamar sejumlah narapidana di Lapas Kelas II A Pamekasan, Jumat (13/12/2019).

PAMEKASAN - Lapas Kelas II A Pamekasan, melakukan razia dan tes urine secara acak ke sejumlah kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Razia tersebut digelar secara mendadak pada pukul 21.30 WIB, Jumat (13/12/2019).

Dalam razia kali ini, pihak Lapas berhasil mengamakan 3 unit Handphone (HP) berbagai merek, 2 buah Colokan listrik, Kabel Listrik sepanjang 5 meter, 1 buah gunting, dan 2 buah Besi pengait sedangkan untuk hasil Hasil tes urien terhadap Napi dan petugas dan hasilnya Negatif.

Kepala Lapas Kelas II A Pamekasan, Hanafi, mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan media dalam razia kali ini demi misi keterbukaan publik. Ia mengaku juga memerlukan pengawasan dari media dan seluruh elemen, demi memerangi peredaran narkoba di wilayah Lapas Kelas II A Pamekasan.

“ini sering kita lakukan, dan nantinya kita juga akan melibatkan dari polres dan kodim dan pihak BNNK” terang Hanafi.

Hanafi menjelaskan, meski razia yang sifatnya mendadak selalu dilakukan, namun masih tetap saja ada penyelundupan HP ke dalam Kamar Napi. Adanya penyelundupan berupa ponsel tersebut dikhawatirkan akan menjadikan adanya komunikasi dengan pihak luar.

"Ada beragam modus penyelundupan barang berupa ponsel yang dilakukan oleh oknum pengunjung, sehingga ini menjadi atensi bagi kami," terangnya.

Lebih lanjut, Hanafi mengatakan, berdasarkan data dan fakta yang ditemukan, peredaran Narkoba di dalam Lapas/rutan tidak lepas dari penguasaan alat komunikasi oleh WBP, sehingga dia dengan leluasa mengendalikan jaringan tersebut dari balik jeruji. Selain itu turut pula dicurigai peran serta oknum pengunjung yang membantu proses peredarannya.

“Intinya komitmen atau upaya kita untuk memerangi narkoba akan selalu kita lakukan, tentu butuh dukungan dari semua pihak baik dari petugas maupun masyarakat agar lapas kita bersih dari Halinar (Handphone Pungli dan Narkoba)," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Pamekasan, Haki, mengatakan 3 unit ponsel dari hasil razia itu ditemukan di luar kamar block E Kriminal, tepatnya di tempat sampah.

“ini masih akan kita periksa, dan nanti jika diketahui siapa pemiliknya maka akan diberikan sanksi berupa pengurungan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, razia kali ini menyasar ke sejumlah lokasi kamar hunian blok ABCD dan E serta blok F (rehabilitasi), razia kamtib tersebut juga ingin memastikan tidak ada fasilitas mewah di kamar hunian.

"Untuk barang hasil penggeledahan kamar hunian selanjutnya diinventarisir dan didata, kemudian di musnahkan," pungkasnya.


Kontributor : Pamekasan
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar