default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Plt Wali Kota Blitar Ajak Lansia Terus Berkarya

Plt Wali Kota Blitar Ajak Lansia Terus Berkarya
Peristiwa Daerah
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Blitar Santoso saat memberikan sambutan di acara bersama kelompok warga lanjut usia (lansia)d Balaikota Koesomo Wicitra, Rabu (04/12/2019).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BLITAR - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Blitar Santoso mengajak para warga lanjut usia (lansia) untuk terus berkarya di tengah masyarakat. Berbagai pengalaman hidup yang telah dijalani dapat ditularkan sebagai suri tauladan yang baik bagi generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Santoso pada acara sarasehan bersama kelompok warga lanjut usia (lansia)d Balaikota Koesomo Wicitra, Rabu (04/12/2019).

"Jangan berhenti untuk berkarya. Berikan sumbangsih dan partisipasi untuk mendukung pembangunan daerah. Pengalaman berkarya saat usia produktif dapat menjadi contoh baik bagi generasi penerus," katanya Santoso.

Selain itu, Santoso mengatakan, sarasehan lansia ini fokusnya pada kesehatan dengan harapan derajat kesehatan dari para lansia terjamin dan terjaga.

Selain itu, sosialisasi tentang cara hidup sehat dengan segala keterbatasan atau masalah kesehatan yang melekat pada para lansia. Dan mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan.

"Disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat dengan lansia, sosialisasi mengenai pentingnya dukungan peran keluarga dan sektor terkaya dalam mendorong minat masuk persediaan manusia untuk mengikuti kegiatan posyandu lansia," tuturnya.

Dalam kesempatan itu Santoso juga mengatakan, prosentase harapan hidup masyarakat khususnya lansia di Kota Blitar cukup tinggi melebihi harapan hidup di Provinsi Jawa Timur.

"Dari hasil survei harapan hidup lansia di Kota Blitar lebih tinggi daripada Jawa Timur. Kalau provinsi Jawa Timur harapan hidupnya 70,37 persen, kalau kota Blitar 73,76 persen. Ini menandakan Kota Blitar selain sehat kotanya, juga sehat lansianya," katanya.

Santoso juga mengaku demi memproduktifkan para lansia, Pemkot Blitar telah memberikan program khusus bagi lansia seperti senam lansia, sarasehan lansia, dan jalan sehat lansia.

"Jadi yang ringan-ringan kegiatannya. Itu bagian dari program rutin, yang nyantai supaya aktivitas mereka di hari tuanya tidak terbuang sia-sia," tukasnya.

Selain itu, Pemkot Blitar juga telah membangun sport center untuk masyarakat umum yang juga bisa dinikmati dan dimanfaatkan para lansia.

Sarasehan diikuti sekitar 200 lansia dari 21 kelurahan se Kota Blitar. Selain menerima pengarahan tentang kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Blitar, juga mendapatkan pengarahan dari Santoso Plt Wali Kota Blitar. (adv/hum)


Kontributor : Nanang Habibi
Editor : Imam Hairon
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar