SUARA INDONESIA
Banner

Peduli Warganya, DPRD Kota Blitar Upayakan Bantuan Kuota Internet Bagi Pelajar

Blitar - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar akan mengupayakan bantuan kuota internet bagi pelajar di wilayah setempat. Hal ini dilakukan guna membantu warganya dan juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi agar tetap bersemangat belajar.

Ketua DPRD Kota Blitar Syahrul Alim mengatakan, sesuai perencanaan awal, mengenai bantuan kuota internet bagi pelajar diusahakan sampai ajaran baru tahun 2021/2022. Mengingat di tengah pandemi banyak pendapatan keluarga berkurang maka dengan adanya program ini dinilai sangat membantu.

"Kami rasa bantuan paket data bagi peserta didik di Kota Blitar perlu dilakukan lantaran selain membantu orang tua wali murid juga mendukung pengoptimalan belajar dari rumah atau belajar daring. Jadi kami berusaha sekuat tenaga supaya wacana ini bisa terealisasikan," kata Syahrul kepada Suara Indonesia Rabu (24/02/2021). 

Menurutnya, berdasarkan laporan masuk, memang bantuan kuota gratis sejauh ini belum maksimal dikarenakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 baru akan dimulai. Sehingga, pihaknya menyarankan Pemerintah Kota Blitar untuk mencari alternatif agar bantuan ini dapat terlaksana.

"Untuk mengatasi permasalah ini sebenarnya bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada di setiap lembaga pendidikan. Apabila, penerapannya tidak sesuai rencana maka Pemerintah diminta segera menentukan langkah selanjutnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar Didit Rahman Hidayat menyatakan bahwa memang dikabarkan ada bantuan kuota internet dari pemerintah pusat, namun hingga kini belum ada kepastian. Sehingga pihaknya juga merekomendasikan dana BOS untuk mengcover bantuan tersebut. AHS 

Apa Reaksi Anda?