SUARA INDONESIA
Banner

Wow, Kabupaten Blitar Masuk Lima Besar Kategori Destinasi Wisata Kreatif Nasional

Blitar - Dua jempol patut diberikan untuk Kabupaten Blitar pasalnya selain kaya dengan hasil alamnya juga menjadi salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang masuk sebagai nominator desa wisata award tahun 2021. 

Saat dikonfirmasi Suara Indonesia, Minggu (13/06/2021), Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, perlombaan Desa Wisata Award 2021 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

"Alhamdulillah, Kampung Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad, Kecamatan Gandusari mewakili Kabupaten Blitar di ajang lomba desa wisata award dan saat ini sudah masuk nominasi lima besar. Nantinya, dari lima besar finalis akan dipilih satu desa wisata terbaik," kata Suhendro. 

Dijelaskannya, lomba desa wisata award ini memiliki 4 kategori, diantaranya kategori Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berbasis Digital. Dari keempat kategori itu, Kampung Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad masuk di kriteria desa wisata kreatif. 

"Sesuai informasi, penilaian lomba dimulai tanggal 16 - 30 Juni, kemudian di tanggal 1 - 3 Juli tahap presentasi dan tanggal 9 Juli pengumuman pemenang lomba wisata award. Saya optimis menang karena disana bagus dan luar biasa, jadi itu merupakan poin besar untuk penilaian. Kita doakan bersama-sama supaya desa semen bisa sukses di event ini," imbuhnya. 

Sementara itu, General Manager Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad, Eko Wihadi meminta doa & dukungan warga masyarakat agar dalam mengikuti lomba desa wisata award diberikan kelancaran sehingga KWE bisa menjadi juara nasional dan kembali mengukir prestasi bagi Kabupaten Blitar. 

Perlu diketahui, kekuatan dan potensi utama dari Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad yakni tetap mempertahankan, menjalankan, dan mengembangkan kearifan lokal yang ada di masyarakat desa dengan mengemasnya menjadi sebuah Paket Wisata mulai dari Paket Wisata Edukasi, Camping Ground dan Outbound, serta Paket Wisata Live In.

Apa Reaksi Anda?