SUARA INDONESIA
Banner

Tahun 2021, Pemkab Blitar Tetap Gratiskan Pelayanan KB

Blitar - Menginjak awal tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Blitar Jawa Timur tetap menggratiskan pelayanan Keluarga Berencana (KB). Hal ini dilakukan guna meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB P3A) Kabupaten Blitar, Drs Eka Purwanta MM mengatakan, berdasarkan petunjuk, sejauh ini pelayanan KB di wilayah setempat masih sama dengan tahun sebelumnya atau tidak ada biaya retribusi sama sekali alias gratis.

"Jadi walaupun masih pandemi, kebutuhan KB masih tetap sama dengan sebelumnya. Jadi sesuai dengan surat edaran Bupati Blitar, biaya pelayanan KB tidak dipungut biaya sepeserpun sampai musibah corona berakhir," kata Eka kepada Suara Indonesia.

Dijelaskannya, pelayanan KB gratis di Kabupaten Blitar sudah mulai memberikan output yang cukup bagus. Terbukti, saat ini ada sejumlah desa yang mulai menggunakan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. 

"Kemudian disela-sela itu, kami tetap berupaya agar pelayanan KB gratis terus berjalan. Tetapi, Alhamdulillah kini ada beberapa desa yang menganggarkan dana ADD untuk pemberian bantuan bagi warga yang hendak ber-KB," imbuhnya. 

Terakhir, Eka berharap adanya pelayanan KB gratis, kesadaran masyarakat Kabupaten Blitar untuk ber-KB semakin tinggi. Apabila, angka kelahiran direncanakan dengan baik maka kualitas SDM maupun kebutuhan nutrisi keluarga semakin terjamin. AHS 

Apa Reaksi Anda?