SUARA INDONESIA
Banner

Wujudkan Pelayanan Prima, Bupati Blitar Teken MoU Replikasi Sukma - E Jatim

BLITAR - Bupati Blitar Rini Syarifah menandatangani perjanjian kerja sama terkait penerapan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik (SukMa-e) Jawa Timur. 

Teken MoU Replikasi Inovasi Pelayanan Publik SukMa-e bersama Biro Organisasi Jatim berlangsung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izum Marom, Selasa (28/06). 

Bupati Rini mengatakan, Replikasi Sukma-E dari Pemprov Jatim ini merupakan sebuah sistem untuk mengukur tingkat kepuasan warga terhadap kualitas pelayanan publik di Kabupaten Blitar. 

"Jadi dengan adanya kerjasama ini kedepannya kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Blitar bisa dipantau setiap saat. Harapannya, pelayanan publik bisa ditingkatkan guna mewujudkan layanan prima kepada masyarakat," kata Bupati Rini. 

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar menuturkan, sebagai ASN harus bisa berfikir cerdas dan kreatif dalam hal menyikapi berbagai keluhan serta pengaduan dari masyarakat demi terciptanya pelayanan publik yang cepat, mudah dan tidak bertele-tele. 

"Setelah sistem Sukma-E Jatim berjalan, masyarakat dapat melihat secara langsung layanan perangkat daerah di Lingkungan Pemkab Blitar cukup melalui aplikasi yang diakses di Ponsel. Jika kurang puas mereka juga dapat memberikan penilaian, kritik ataupun saran," terangnya. 

Lebih dalam Bupati Rini mengatakan, keberadaan aplikasi ini sangatlah penting bagi penyelenggaraan roda pemerintahan di Kabupaten Blitar. Kemudian hasil survei yang terupdate dapat dijadikan motivasi bagi setiap perangkat daerah untuk tingkatkan kualitas pelayanan. 

"Karena surveinya langsung, jadi saya bisa melihat secara realtime kinerja ASN terutama tentang pelayanan publik. Manakala hasilnya kurang bagus, nanti saya tinggal dorong ke perangkat daerah supaya diperbaiki," imbuhnya. 

Terakhir, Bupati Rini berharap, kinerja ASN wajib diupdate setiap saat jangan merasa bangga dengan capaian hari ini melainkan terus melakukan perbaikan guna ciptakan pelayanan publik Kabupaten Blitar yang berkualitas. 

Apa Reaksi Anda?