SUARA INDONESIA
Banner

Hari Lanjut Usia, Wali Kota Blitar Santoso Berharap Para Orang Tua Tetap Berkarya di Tengah Pendemi

Blitar - Pemerintah Kota Blitar menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 tahun 2021di Gedung Balaikota Kusumo Wicitro, Rabu (16/06/2021) pagi. Pada kesempatan itu, dihadiri langsung oleh Wali Kota Blitar Santoso, Pengurus Karangweda setiap Kelurahan dan pengurus Yayasan Gorontologi Abiyoso tingkat Kecamatan serta tingkat Kota Blitar. 

"Kali ini kita peringati hari ulang tahun lanjut usia, tujuannya semoga di momentum yang bagus ini para lansia di wilayah setempat tidak dipandang sebelah mata tetapi terus diperhatikan supaya mereka berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari," kata Santoso, Wali Kota Blitar kepada Suara Indonesia. 

Wali Kota Santoso berharap, para orang tua lanjut usia tetap memiliki jiwa semangat yang tidak pernah pudar dan mampu berkarya di tengah pandemi Covid-19 terlebih bisa berkontribusi terhadap percepatan pembangunan di Pemkot Blitar. Karena, partisipasi masyarakat sangat penting dalam mensukseskan program pemerintah. 

"Maka dari itu, Pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan peringatan hari lanjut usia sekaligus memberikan materi dari Dinas Kesehatan tentang bagaimana caranya menjalani kehidupan di masa usia lanjut yang lebih bermanfaat," ujar Santoso Wali Kota Blitar Rabu. 

Wali Kota Santoso menambahkan, sejauh ini kepedulian pemerintah terhadap orang lanjut usia tetap digalakkan. Mengingat, di wilayah setempat banyak masyarakat yang berusia lanjut sehingga beberapa kegiatan yang berbau positif selalu diluncurkan guna memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat hidup. 

"Ada beberapa kegiatan yang mendorong supaya mereka lebih semangat hidup diantaranya menggelar senam lansia, pemenuhan gizi, pemeriksaan kesehatan secara rutin yang digelar setiap bulan dan menggelar pertemuan untuk dibekali wawasan pengetahuan," imbuhnya. 

Disamping itu, Wali Kota Santoso juga meminta masyarakat supaya lebih menghormati orang yang lanjut usia. Jangan sampai, mereka diasingkan ataupun diisolir cuma gara-gara memasuki usia senja. Namun tetap diperhatikan, lantaran mereka semua sebenarnya masih bisa berfungsi. 

Apa Reaksi Anda?