SUARA INDONESIA
Banner

Bahaya, Pekerjaan Ringan Ini Bisa Gugurkan Pahala dan Amal Ibadah

SUARA INDONESIA - Salah satu pekerjaan ringan tapi sangat bahaya dan bisa menggurkan amal kebaikan ibadah ketika di dunia adalah mencari aib pribadi orang lain.

Pernyataan itu disampaikan oleh KH Zainudin MZ sebagaimana dinukil di salah satu tayangan youtube Santri Islam, Jumat (31/12/2021).

Menurut Zainudin, amalan salat, zakat, haji dan ibadah lain bisa hilang dan tergerus oleh perbuatan suka membuka aib sesamanya.

"Biarpun haji berkali-kali, amal beribu-ribu, tapi sering membuka aib saudaranya, bisa saja hilang nilai ibadahnya di mata ALLAH," ucapnya dengan nada lantang.

Da'i sejuta umat ini juga menyampaikan, pekerjaan membuka aib ini sangatlah rawan dan bisa menghinggapi siapa saja.

"Membuka aib saudara ini sangat bahaya. Padahal sesama muslim ini adalah saudara, ibaratkan bangunan yang satu menguatkan yang lain," paparanya.

Membuka aib sesama itu, menurut penceramah ini sangatlah sangat merugikan. Baik kepada diri sendiri ataupun orang lain.

"Apalagi dilandasi sifat iri, merasa tersaingi atau kecemburuan sosial. Faktanya A bisa ditambah jadi AB atau ABC ini akhirnya akan menumbuhkan fitnah," sebutnya.

Maka dari itu, Zainudin meminta umat agar bisa berpikir bahwa sesama muslim itu adalah saudara.

"Jika sudah menganggap saudara, semestinya tidak usah mencari celah atau kelemahan yang lain. Jika satu sakit maka sakit semua, itu saudara," ungkapnya.

Maka dari itu, Zainudin mengajak kepada semua jamaah agar lebih banyak introspeksi.

"Yang memiliki banyak kekurangan juga ada hikmahnya. Lebih sibuk memperbaiki diri sendiri, sehingga tidak sempat mencari kekurangan orang lain," tukasnya.

Apa Reaksi Anda?